Senin, November 23, 2009

Pelajaran 6

Menjelaskan Sasaran Penyuluhan Pertanian

a. Tujuan

Setelah mempelajari modul ini siswa diharapkan

  1. Mengetahui pengertian dari sasaran penyuluhan pertanian
  2. Mengetahui Golongan petani berdasarkan tingkatannya
  3. Mengetahui macam-macam kelompk tani
  4. Mengetahui sasaran utama, sasaran penentu dan sasaran pendukung penyuluhan pertanian

b. Uraian Materi

Sasaran penyuluhan pertanian disini hendaknya dapat dibedakan dengan tujuan penyuluhan pertanian. Jadi yang dimaksud dengan sasaran penyuluhan pertanian yaitu siapa sebenarnya yang disuluh atau ditujukan kepada siapa penyuluhan pertanian tersebut. Maka dengan tegas kita dapat menyatakan bahwa sasaran penyuluhan pertanian adalah para petani dan keluarganya.

Untuk menerapan suatui meted penyuluhan kepada para petani, maka para penyuluh harus mengetahui sifat-sifat khas yang dimiliki oleh petani. Diantara sifat khas yang dimiliki petani yang ada di tanah air adalah para petani selalu menjunjung tinggi persetujuan masyarakat, setiap kegiatan yang menyangkut masyarakat/lingkungannya selalu didasarkan atas hasil-hasil musyawarah, dalam hal ini tindakannya selalu berpegang pada norma-norma hidup dalam masyarakat. Para petani mau menerima dan menggunakan suatu hal yang baru karena melihat petani lain yang dipertua/dipertokohkan sudah menggunakannya dan meyakinkan bahwa hal yang baru itu adalah baik bagi lingkungan/masyarakatnya. Selain itu para petani memiliki harga diri yang besar. Sekali kita berbuat salah, menyinggung perasaannya, maka sulit untuk menarik atau memperleh kepercayaannya lagi. Selain itu yang perlu diperhatikan, mereka selalu kritis dan mempunyai kebiasaan mental untuk menilai tentang sesuatu hal dan selalu mempertanyakannya.

Golongan-golongan petani yang harus diketahui penyuluh :

  1. Petani naluri yaitu petani yang cara atau kegiatan-kegiatan usahataninya masih seperti yang diwariskan leh nenek moyangnya
  2. Petani maju yaitu petani yang menerapkan teknologi baru dalam usaha atau kegiatan-kegiatan bertaninya dan bersikap maju (prgresif)
  3. Petani teladan adalah para petani yang usaha dan kegiatan bertaninya dicontoh oleh para petani dilingkungannya, akan tetapi mereka itu sendiri tidak/kurang aktif dalam hal penyebarluasannya
  4. Kontak tani merupakan petani-petani teladan yang aktif/berperan serta dalam usaha menyebarlluaskan teknlogi baru kepada para petani di desanya.

Penyuluhan harus berprinsip bahwa penyuluhan harus terus dilakukan karena teknlgi akan terus berkembang, hanya cara p[enyuluhannya terhadap petani naluri harus lebih gamlang, memerlukan kesabaran dan ketekunan yang lebih dari pada terhadap yang lainnya.

Berbagai macam Kelompk tani yang telah terbentuk antara lain :

  1. Taruna tani adalah pemuda pemudi yang umumnya tidak melanjutkan pendidikan, yang karena keadaan ekonomi orang tuanya terpaksa berdiri sendiri mengusahakan tanah pertaniannya.
  2. Tani taruna adalah pemuda-pemudi tani yang mungkin masih mengikuti pendidikan ataup[un sudah tidak melanjutkan pendidikan, yang karena keadaan eknmi rangtuanya aktif membantu usahatani orang tuannya.
  3. Taruna bumi adalah kelompok pemuda pemudi tani yang aktif bergerak dalam kegiatan usahatani, terutama membantu kegiatan usahatani di dwesanya dalam jangkauan yang lebih luas, tidak hanya terikat/terbatas pada usaha tani rangtuanya atau miliknya sendiri
  4. Sekar arum adalah kelompok ibu-ibu tani dalam suatu masyarakat tani dipedesaan mereka aktif membantu pengembangan usahatani serta kesejahtraan keluarga petani.

Sasaran penyuluhan pertanian dapat dibagi menjadi 3 sasaran :

  1. Sasaran utama penyuluh yang terdiri dari :

a. Petani dan keluarganya

b. Petani dan nelayan ditambah keluarga yang terlibat langsung pada usahataninya

  1. Sasaran penentu yaitu ada yang menentukan keberhasilan /peningkatan kesejahrtraan petani antara lain :

a. Pejabat pemerintah merupakan penanggungjawab keberhasilan pembangunan

b. Para peneliti (ilmuan) pengajar, guru, dsen dan widyaiswara

c. Yang berkaitan dengan masalah permodalan, lembaga pengkreditan, KUD

d. Penyedia sarana dan prasarana

e. Pengusaha yang bergerak dibidang pasca panen

f. Lembaga yang bergerak dibidang pemasaran

g. Lembaga pelayanan

  1. Sasran pendukung produksi

a. Knsumen

b. Kemasyarakatan (pemuka masyarakat , LSM

c. Evaluasi belajar 6

Bentuk tes : tertulis

Bentuk soal essay

  1. Apa yang disebut dengan taruna bumi ?
  2. Sekelompok ibu-ibu yang membantu dalam pengembangan usahatani disebut dengan ….
  3. Siapa saja yang termasuk ke dalam sasaran utama penyuluhan pertanian ?
  4. Apa yang disebut dengan petani maju ?
  5. Siapa saja yang termasuk sasaran penentu penyuluhan pertanian ?

1 komentar: