Selasa, Januari 19, 2010

Kegiatan Belajar 7

VI. Kegiatan Belajar 7 (Semester 6 Kelas XII)
Menjelaskan Metode Penyuluhan Pertanian
b.Tujuan
Setelah mempelajari modul ini siswa diharapkan dapat :
1.Menjelaskan pengertian metode penyuluhan pertanian
2.Prinsip metode penyuluhan dapat diterapkan dalam penggunaan metode penyuluhan pertanian
3.Mengklasifikasikan metode penyuluhan pertanian
4.Menyebutkan alat bantu yang digunakan dalam kegiatan penyuluhan pertanian dan dapat mempraktekkan alat bantu penyuluhan
5.Menyebutkan alat praga yang digunakan dalam kegiatan penyuluhan pertanian dan mempraktekkan alat praga penyuluhan

b. Uraian Materi

Metode penyuluhan pertanian dapat diartikan sebagai cara-cara penyampaian materi penyuluhan pertanian secara sistimatis, sehingga materi tersebut dapat dimengerti dan diterima sasaran (Ibrahim, 2003). Metode penyuluhan pertanian merupakan teknik komunikasi antara penyuluh dan sasaran.
Kemampuan seseorang untuk mempelajari sesuatu berbeda-beda demikian juga tahap perkembangan mental, keadaan lingkungan dan kesempatannya berbeda-beda, sehingga perlu ditetapkan suatu metode penyuluhan pertanian yang berdaya guna dan berhasil guna. Tahap perkembangan mental seseorang dapat digolongkan dalam tahap penumbuhan pertanian, tahap penumbuhan minat, tahap menilai, tahap mencoba dan tahap menerapkan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penetapan metode penyuluhan adalah :
1.Tidak ada satu metode penyuluhan yang dianggap lebih baik disbanding metode penyuluhan yang lainnya
2.Pada umumnya dalam pelaksanaan penyuluhan digunakan beberapa metode
3.Dalam kegiatan penyuluhan sebaiknya digunakan materi visual dan tertulis

Adapun dasar-dasar pertimbangan dalam pemilihan penyuluhan pertanian dapat diuraikan sebagai berikut :
1. Sasaran
Yang harus diperhatikan penyuluh dari segi sasaran antara lain :
-Tingkat pengetahuan, keterampilan dan sikap sasaran
-Sosial budaya
-Banyaknya sasaran yang hendak dicapai oleh seorang penyuluh pada sutu waktu tertentu.
2. Sumberdaya Penyuluh
Yang harus dipertimbangkan dalam hal ini adalah :
-Kemampuan penyuluh
-Materi penyuluh
-Sarana dan biaya penyuluhan
-Keadaan daerah yang meliputi :
a.Musim
b.Keadaan usaha tani
c.Keadaan lapangan
-Kebijakan pemerintah

Prinsip Penggunaan metode penyuluhan pertanian (Suzuki dalam Mardikanto, 1992)
-Pengembangan untuk berfikir kretif
-Dilakukan dilingkungan kerja/kegiatan sasaran
-Setiap individu terkait dengan lingkungan sosialnya
-Memberikan sesuatu untuk terjadinya perubahan
-Menciptakan hubungan yang akrab dengan sasaran

Klasifikasi metode penyuluhan
Klasifikasi metode penyuluhan pertanian dapat diuraikan sebagai berikut :
1. Berdasarkan banyaknya sasaran yang disuluh
-Metode perseorangan dilakukkan dengan mengunjungi sasaran di rumah atau lahannya, memberi surat, belajar perorangan, belajar praktek dan lain-lain
-Metode kelompok dilakukan dengan pertemuan kelompok, kursus-kursus, demonstrasi cara/hasil, hari lapangan petani (farm filed day) dan lain-lain
-metode lewat media massa dilakukan dengan menggunakan media massa seperti radio, tv, surat kabar, majalah, pemutaran film, penyebaran bahan tulisan (brosur, leaflet, folder, booklet dsb), pemasangan spanduk, poster, pertunjukan kesenian dan lain-lain. Media massa dapat mempercepat proses perubahan, tetapi jarang dapat mewujudkan prilaku

2. Berdasarkan teknik komunikasi
-Metode yang langsung (direct communication/ face to face communication) yaitu penyuluh berhadapan langsung dengan sasrannya, seperti pembicaraan di rumah, gubuk kelompok, dibalai desa, dalam penyelenggaraan suatu demonstrasi dll
-Metode yang tidak langsung (indirect communication) tidak berhadapan langsung, missal lewat media massa, media elektronik dll
3. Berdasarkan indera penerima
-Metode yang dapat dilihat seperti metode publikasi, surat menyurat, pesan bergmbar, pesan yang terproyeksi seperti film/slide tanpa penjelasan dan lain-lain
-Metode yang dapat didengar seperti siaran lewat radio, tape recorder, ceramah, hubungan telepon, pidato, rapat dan lain-lain
-Metode yang dapat dilihat dan didengar seperti siaran lewat televise, karyawisata, demonstrasi, peragaan dengan penjelasan dan lain-lain.

Alat bantu penyuluhan pertanian adalah alat-alat atau perlengkapan yang diperlukan penyuluh guna memperlancar kegiatan penyuluhan
Alat bantu dapat diuraikan menjadi beberapa macam :
1. Kurikulum
2. Papan tulis – papan temple
3. alat tulis
4. Proyektor (overhead, slide, lcd-infocus)
5. Perlengkapan ruangan (pengeras suara, pengatur cahaya, pengatur udara)

Alat praga penyuluhan peranian adalah alat atau benda yang dapat diamati, didengar, diraba atau dirasakan oleh indra manusia yang berfungsi sebagai alat untuk memperagakan dan atau menjelaskan uraian yang disampaikan secara lisan oleh penyuluh guna membantu proses belajar mengajar, agar materi lebih mudah diterima dan dipahami oleh sasaran (Mardikanto, 1993).
Alat praga dapat duraikan menjadi beberapa macam :
1. Benda (sampel, model, specimen)
2. Barang cetakan (brosur, leaflet, poster, photo, folder dll)
3. Gambar diproyeksikan (transparancy-sheet, slide-film, movie-film, dll)
4. Lambang grafika (grafik, skema, peta dll)

Instrumen Penilaian:

a. Uji Praktek.

No Uji Kompetensi Ya Tidak
1 Siswa dapat mengoperasikan infokus dengan benar
2 Siswa dapat membuat leaflet





b.Tes Pilihan Ganda.

1. Di bawah ini merupakan metode pendekatan perorangan kecuali ...
a. pemutaran slide b. Kunjungan ke rumah c. Kunjungan ke lahan usahatani
d. magang e. Kontak informal
2. Dibawah ini merupakan metode pendekatan kelompok ...
a. siaran melalui radio b. Pemutaran film c. Diskusi
d. hubungan telpon e. Magang
3. Di bawah ini merupakan metode pendekatan masal ...
a. pemutaran film b. Widyawisata c. Mimbar sarasehan
c. temu karya d. Surat menyurat
e. Penyebaran bahan tertulis
4. Di bawah ini merupakan alat bantu penyuluhan pertanian ...
a. brosur b. Leaflet c. Lcd infocus
d. foto e. Sampel
5. Di bawah ini merupakan alat praga penyuluhan pertanian ...
a. kurikulum b. Alat tulis c. Pengeras suara
d. overhead e. Leaflet

c. Tes uraian
1. Apa yang dimaksud dengan metode penyuluhan pertanian ?
2. Sebutkan lima prinsip metode penyuluhan pertanian !
3. Sebutkan 2 teknik komunikasi yang anda ketahui ?
4. Apa yang dimaksud dengan alat praga penyuluhan pertanian ?
5. Apa yang dimaksud dengan alat bantu penyuluhan pertanian ?


4. Indikator Penilaian
a. Apabila siswa dapat melaksanakan uji praktek dengan benar (Ya) dan dan menjawab pertanyaan b dan c dengan benar > 75 % dikatakan tuntas pembelajaran
Jika siswa hanya dapat mengisi tabel dan menjawab pertanyaan b dan c dengan benar < 75 % dikatakan belum tuntas pembelajaran maka perlu diadakan pengulangan Indikator pembelajaran ini.